Saturday, March 29, 2014

Rute dan Peta Menuju Sawarna

10:45 AM

Rute Jalan dan Angkutan Umum ke Sawarna Lewat Serang 


Berencana ke sawarna akan tetapi jarak dan rute menuju sawarna kadang menjadi kendala? di Fanspage pantai sawarna ada banyak pertanyaan tentang rute menuju sawarna dan angkutan ke sawarna. Soal rute dan angkutan ini juga mungkin mungkin menjadi hal yang sangat dibutuhkan ketika berencana ke sawarna.

Oleh karena itulah dulang777.com akan menocba memberikan informasi rute menuju sawarna dan angkutan umum menuju sawarna. Rute menuju sawarna tenttu saja untuk pengguna mobil pribadi dan motor sedangkan angkutan umun untuk para traveler atau backpaker.
Rute dan angkutan menuju sawarna dulang777.com membaginya kedalam dua bagian besar. Pertama sukabumi dan kedua melalui Banten, untuk rute banten ini terbagi kedalam dua rute dapat lewat rute serang dan rute rangkasbitung.
Rute dan angkutan umum menuju Sawarna Lewat Banten
Pertimbangan melalui banten adalah tentu saja karena Sawarna terletak di Banten. Pertimbangan melalui rute ini tidak akan kenal macet akan tetapi di beberapa titik akan menemui jalan yang rusak.
Rute menuju sawarna lewat Banten ini dibahas adalah rute dari Jakarta. Rute menuju sawarna melalui Banten terbagi kedalam 2 rute yaitu melalui serang Banten dan Melalui Rangkasbitung. Dalam artikel ini akan di bahas rute melalui Serang Banten terlebih dahulu

Rute dan angkutan umum menuju Sawarna Lewat Serang Banten

Peta Sawarna
Bagi Anda yang berencana ke sawarna menggunakan mobil pribadi dan motor, melalui serang ini bisa menjadi pilihan. Perjalanan dengan menggunakan angkutan pribadi ini bisa memakan waktu sekitar 6 hingga 8 jam.

Rute Mobil pribadi menuju sawarna lewat serang

Menggunakan Mobil pribadi menuju sawarna seperti terlihat di peta diatas harus ke Serang Banten terlebih dahulu. Menuju Serang dapat melalui Tol Jakarta- Merak kemudian keluar di pintu Tol Serang Timur.
Dari Pintu Tol Serang Timur menuju ke arah terminal Pakupatan. Dari terminal lurus dan di lampu merah pertama dekat dengan Pom Bensin Pertamina belok Kiri menuju Palima (perlimaan) Serang banten dari palima ambil yang ke arah Baros dan pandeglang.
Dari baros mendekati masuk kota pandeglang anda akan memiliki dua pilihan, melalui alun-alun pandeglang atau ke pinggir. Dari Pandeglang kota atau pinggir pandeglang kita bisa menuju saketi. Jalan dari Pandeglang menuju saketi ini dibeberapa titik ada betonisasi jalan.
Jika sudah sampai di saketi ambil yang ke arah Malingping. Jalan saketi malingping inilah jalanya yang rusak dan jika perjalanan malam hari harus hati-hati karena minim penerangan jalan, jadi bersiaplah untuk menikmati perjalanannya.
Setelah sampai ke Malingping, kita bisa menuju ke Bayah. Jalan sepanjang jalan malingping bayah inilah terdapat banyak pantai-pantai yang menarik diataranya pantai bagedur, pantai cihara, pantai cibobos dan lainnya.

Rute Motor menuju sawarna lewat serang

Menggunakan Motor menuju sawarna dari Jakarta seperti terlihat dari peta diatas bisa menuju Serang melalui Tangerang terlebih dahulu. Perjalan ke Serang menempuh waktu kurang lebih 2 -3 jam dengan kecepatan rata – rata 60 KM/Jam dan tidak terlalu banyak berhenti.
Dari Jakarta bisa ke jalan Daan mogot Jakarta Barat. Setelah di Jalan Daan Mogot Kita bisa menuju tangerang kota ( pemeritahan Kota tangerang). Setelah sampai di Tangerang kota kemudian mencari arah yang Cimone, di jalan ini agak ribet karena kita harus muter terlebih dahulu ke dalam kotanya.
Setelah sampai cimone, bisa menuju ke Cikupa Kabupaten Tangerang. Dari Cikupa perjalanan berlanjut menuju balaraja kemudian ke Cikande. Sepanjang jalan Cimone menuju cikande ini harus berhati-hati karena kita akan menemui banyak kendaraan besar pengangkut barang dari pabrik – pabrik dengan kapasisitas besar.
Setelah sampai cikande, perjalanan berlanjut ke Serang Banten. Sebelum sampai terminal pakupatan serang tepatnya dekat pom bensi dekat terminal pakupatan serang kemudian ambil kiri menuju palima. Setelah sampe palima perjalanan seperti rute mobil pribadi diatas.
Dari palima ambil yang ke arah Baros kemudian setelah medekati kota pandeglang, anda akan memiliki dua pilihan, melalui alun-alun pandeglang atau ke pinggir. Dari Pandeglang kota atau pinggir pandeglang kita bisa menuju saketi. Jalan dari Pandeglang menuju saketi ini dibeberapa titik ada betonisasi jalan.
Jika sudah sampai di saketi ambil yang ke arah Malingping. Jalan saketi malingping inilah jalanya yang rusak dan jika perjalanan malam hari harus hati-hati karena minim penerangan jalan, jadi bersiaplah untuk menikmati perjalanannya.
Setelah sampai ke Malingping, kita bisa menuju ke Bayah. Jalan sepanjang jalan malingping bayah inilah terdapat banyak pantai-pantai yang menarik diataranya pantai bagedur, pantai cihara, pantai cibobos dan lainnya.

Angkutan umum menuju sawarna lewat Serang

Untuk yang menggunakan Angkutan umum bisa dari terminal Kampung Rambutan, Kalideres dan Tanjung Priuk, atau bisa juga menunggu di Slipi Jaya di Sebrang Rumah sakit Harapan kita. Dari sana kita naik Bus menuju Merak tapi turun di terminal Pakupatan Serang.
Ongkos Bisnya berbeda-beda, jika ingin lebih murah bisa naik Murni atau Asli, tapi biasanya hanya dari Kali Deres. Jika naik Arimbi atau primajasa sekitar 17 ribu dihari biasa untuk AC, itu dari Kampung rambutan dan Pulo Gadung.
Dari Pakupatan- Serang, kita bisa naik ELP atau Dambri menuju Bayah. ELP (angkutan ukuran 3/4 lebih kecil dari BIs Kopaja atau metro mini di Jakarta) ini kebanyak hanya sampai Malingping saja, ada juga yang ke Bayah tapi tak terlalu banyak ketimbang ke Malingping.
Elp dari Serang ke Malingping, bayah dan Binuangeun biasanya terakhir itu Jam 7 malam dan baru ada lagi sekitar jam 2 pagi. Sedangkan Dambri itu terkahir maksimal jam 4 sore.
Untuk Dambri, tak setiap jam ada. hanya ada di Jam-jam tertentu yaitu jam 7 pagi, 1- 2 siang dan 3- 4 sore. Dambri ada yang ke Binuangeun dan Ke cikotok, jika naik yang ke cikotok kita bisa turun di bayah tapi jika naik yang ke binuangen kita akan di turunkan di Malingping.
Lantas berapa ongkos dari Serang ke Malingping?. Untuk ELP di hari biasa hanya 25 hingga 30 ribu rupiah, sedangkan hari libur lebih mahal.
Seandainya saja hanya mendapatkan Elp atau Dambri yang sampai Malingping saja, bagaimana? Jangan takut dari Malingping ada angkot menuju bayah. Jarak tempuh kurang lebih satu jam dengan ongkos kurang lebih 5000 Rupiah. Sepanjang jalan Malingping menuju Bayah ini kita akan menemukan pantai-pantai indah tepi jalan.
Dari Bayah kita bisa naik angkota menuju pintu gerbang sawarna. Atau jika banyak orang bisa sewa angkot sekalian. Dari pintu gerbang sawarna bisa naik ojek, dulu sekitar 15 ribu rupih perjalanan sekitar 30 menit.

Rute menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten 

ebelumnya dulang mengangkat rute dan peta baik untuk angkutan pribadi maupun angkutan umum menuju sawarna via Serang banten, cek disini. Maka dalam artikel kali kita akan mencoba memberikan infomasi tentang rute dan peta angkutan umum ke sawarna melalui Rangkasbitung baik untuk mengginakan angkita umum maupun dengan menggunakan mobil probadi.
Peta Sawarna

Rute menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten menggunakan angkutan umum

Rute dan angkutan umum menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten bisa menjadi pilihan karena jalannya relatif lebih bagus ketimbang jalan Serang- banten. Akan tetapi anda harus siap juga dengan jalan yang berkelol-kelok dan perbukitan.
Untuk ke sawarna dengan menggunakan angkutan umum daria Jakarta atau dari bogor bisa ke Terminal Mandala Rangkasbitung terlebih dahulu. Dari bogor menuju rangkasbitung bisa naik dari Terminal baranang siang Mandala, ada juga Bis Rudi dari Bogor menuju bayah tapi hanya di jam-jam tertentu saja.
Dari Jakarta ke rangkasbitung bisa menggunakan bis ataupun menggunakan kereta. Jika menggunakan kereta bisa naik dari Tanah Abang, ada kereta Rangkas jaya, dari stasiun rangkasbitung bisa naik angkot ke Stasiun Mandala.Jika naik bis bisa ke kalideren, Kampung rambutan atau menunggu di slipi dengan tujuan terminal mandala.
Dari Stasiun Mandala Rangkasbitung bisa menggunakan ELP atau masyarakat sekitar menyebutnya PS (PeEs). Ada banyak PS menuju bayah, tarifnya sekitar 20 -30 ribu jika hari biasa tapi bisa naik ketika hari libur utamanya libur lebaran. Terkadang ada ELP yang hanya sampai Malingping saja, nah saran naiklah ELP yang akan menuju Cikotok. Ada juga Bis Rudi sebesar Metro mini jika di Jakarta, tapi adanya hanya di Jam-jam tertentu.
Dari bayah bisa naik ojek meuju sawarna, tarifnya sekitar 20 ribu rupiah. Jika banyak orang, bisa juga untuk sewa angkot menuju sawarna. Atau bisa juga nego dengan pengemudi ELPnya agar diantarkan menuju sawarna.
Perkiraan biaya jika dari Jakarta menggunakan kereta:
Jakarta – rangkas: RP.6000; rangkas jaya, Angkot Stasiun Rangkas- Mandala RP 2000;, Mandala Sawarna RP 25.000, ojek ke sawarna RP 20.000, jadi total kurang lebih Rp.53.000;.

Rute menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten menggunakan angkutan pribadi

Menggunakan angkutan pribadi menuju sawarna lewat rangkasbitung ini bisa menggunaka  motor dan mobil. Perbedaanya hanya dari Jakarta Menuju Balaraja saja, selebihnya sama.
Menggunakan Motor menuju sawarna dari Jakarta menuju Rangkasbitung melalui Tangerang terlebih dahulu. Perjalan ke Rangkasbitung menempuh waktu kurang lebih 2 -3 jam dengan kecepatan rata – rata 60 KM/Jam dan tidak terlalu banyak berhenti.
Dari Jakarta bisa ke jalan Daan mogot Jakarta Barat. Setelah di Jalan Daan Mogot Kita bisa menuju Tangerang Kota ( pemeritahan Kota tangerang). Setelah sampai di Tangerang kota kemudian mencari arah yang Cimone, di jalan ini agak ribet karena kita harus muter terlebih dahulu ke dalam kotanya.
Setelah sampai cimone, bisa menuju ke Cikupa Kabupaten Tangerang. Dari Cikupa perjalanan berlanjut menuju balaraja kemudian ke Cikande. Sepanjang jalan Cimone menuju cikande ini harus berhati-hati karena kita akan menemui banyak kendaraan besar pengangkut barang dari pabrik – pabrik dengan kapasisitas besar.
Untuk yang menggunakan Mobil pribadi dari Jakarta bisa masuk Tol Jakarta merak. Keluar di pintu tol balara Timur kemudian menuju pertigaan Cikande.
Setelah sampai pertigaan cikande, Ambil Jalan ke Jalan cikande Rangkasbitung untuk menuju terminal mandala di rangkasbitung. Jalannya kurang bagus hanya pertigaan cikande dan mendekati terminal mandala saja yang kurang bagus. Selebihnya jalan beton mendekat terminal mandala.
Setelah sampai termnal mandala ambil kiri, sebelum jembatan kemudian ambil akana untuk menuju Cileles. Dari situ tingal mengikuti jalan saja sampai ke warung Gunung. Setelah di warung Gunung kemudian ambil kanal menuju Gunung kencana dan Sukamaju dari sana tinggal cari jalan menuju Malingping.
Setelah sampai di malingping, tepatnya di pasar malingping kemudian ambil ke arah bayah. Ada banyak pantai indah dan keren sepanjangan jalan Bayah Malingping ini.

Rute menuju Sawarna Lewat Pelabuhan Ratu 

Sebelumnya dulang777.com telah menulis tentang rute dan angkutan menuju sawarna lewat Serang dan Rangkasbitung. Tapi baik di fanspage maupun di Kaskus ada banyak pertanyaan soal Rute dan angkutan menuju sawarna.

petamenujusawarna

Rute menuju Sawarna Lewat Pelabuhan Ratu menggunakan angkutan umum

Oke untuk yang pertama kita share angkutan umum menuju sawarna dari Jakarta via Bogor kemudian ke pelabuhan ratu. Dari jakarta kita bisa ke Bogor, banyak pilihan dari Jakarta menuju bogor.
Bisa menggunakan Bis dari dari Lebak bulus, Kampung rambutan dan berbagai daerah lainnya di Jakarta, banyak angkutan dari Jakarta menuju terminal Baranangsiang Bogor.
Dari Jakarta menuju bogor bisa juga menggunakan kereta api, Kita bisa naik KRL Commuter Jakarta-Bogor, berhenti di  stasiun Bogor. Dari  stasiun kereta Api Bogor, kita menuju stasiun Baranangsiang dengan menggunakan angkot.
Setelah di Terminal Baranangsiang, kita cari angkutan menuju Pelabuhan Ratu. Bisa naik Bus MGI AC ke Pelabuhan Ratu dengan tarik kurang lebih (tariff 25.000 – 30 RIbu). Perjalanan sekitar 3,5 jam hingga 4 jam tiba di Pelabuhan Ratu.
Dari Pelabuhanratu kita bisa bisa naik ELP. Perjalanan dari terminal Pelabuhan Ratu ke Bayah memakan waktu dua jam. Disarankan di di depan atau samping jendela karena anda akan melewati pendangan yang indah khas pinggir pantai yang menyergap, Angin sepoi dan aroma laut.
Akan tetapi jangan terlena terlalu dengan pemandangan karena kita harus berhenti persimpangan (pintu Gerbang) jalan menuju Sawarna, kalau tidak nanti baru berhenti di terminal bayah.
Dari persimpangan itu, kita bisa naik ojek menuju Lokasi pantai sawarna. Bisanya tarifnya RP 15 ribu. Rutenya berliku, naik turun, dan jalanannya masih belum begitu mulus.

Rute menuju Sawarna Lewat Pelabuhan Ratu Menggunakan Kendaraan Pribadi

Sedangkan cara kedua bisa dengan menggunakan kedaraan pribadi baik mobil atau motor dari Jakarta menuju sawarna lewat bogor dan pelabuhan ratu.  Dari Jakarta bisa ke jalan raya bogor menuju bogor.
peta-menuju-sawarna-2Dari Bogor kemudian ke menuju ciawi. Selanjutnya dari Ciawi perjalanan bisa menuju Cicurug lantas terus ke Parung kuda.  Dari Parungkuda perjalanan berlanjut menuju Cikidang.
Perjalanan selanjutnya berlanjut dari Cikidang menuju Pelabuhan ratu. Dari Pelabuhan Ratu perjalan dilanjutkan menuju cisolok. Setelah dari cisolok tinggal menuju sawarna.
Di jalur Cikidarng – Pelabuhan ratu dan Dari pelabuhan ratu menuju sawarna medan cukup berat karena menanjak dan berkelok-kelok membuat kita ekstra hati-hati. Tapi nikmatilah karena akan ada banyak juga pemandangan indah disini.
ketika akan ke sawarna di sarankan untuk cari penginapan tidak mendadak, ini info penginapan di sawarna

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Rute dan Peta Menuju Tempat Wisata. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top